Senin, 01 Oktober 2012

Journal: Fresh..! part.II

Wuaaah, apa kabar sahabat blogger semuanya?. Udah lama nih saya gak nulis tentang jalan-jalan lagi, yah, memang karena saya semenjak kerja gak pernah punya waktu, giliran hari Minggu bawaannya mau istirahat aja di rumah. O iya, saya baru aja melewati masa menegangkan di tempat kerja saya yang baru, kemarin kami tutup buku untuk bulan 9 dan saya harus gabung di tengah jalan sama mereka dengan kondisi saya yang gak ngerti apa-apa, hehe. Yah, banyak juga hal lucu sih di kantor saya yang baru ini, mereka masih terlalu awam dengan dunia IT (padahal saya juga), sebelumnya divisi saya ini tidak disupport oleh teknologi informasi, yang penting adalah kontrol fisik dengan metode manual, beberapa waktu yang lalu kebijakan baru muncul dan semua bentuk pelaporan, financial left-right, dan manajemen kendali stock di online kan, dipercayakanlah saya untuk itu, haha, saya aja bingung.

Salah satu jembatan sungai Asahan menuju Sigura-Gura
Yah, semoga saya kerasan ya, hehe. Balik ke judul, kok judulnya sama ya sama judul postingan saya yang udah pernah saya tulis?. Hmm, itu karena tadi satu harian di Minggu yang ceria ini saya pakai untuk menyegarkan fikiran saya. Ceritanya gini, beberapa hari yang lalu sebelum diterima di kantor baru saya terserang penyakit yang membuat saya harus beristirahat di rumah beberapa hari, saya gak nafsu makan, berat badan juga ikutan terjun bebas, trus saat itu saya baca tentang terapi kesehatan dengan berlibur. Kebetulan, tadi pagi abang saya yang sedang dinas keluar kota meminta saya untuk mengantarkan mobilnya untuk memasang Lock yang mengaktifkan fitur 4wd-nya. Saya juga gak terlalu ngerti, maka setelah saya ambil dari bengkel, saya telpon balik abang saya dan bilang saya mau pinjam mobilnya satu hari aja untuk jalan-jalan. Setelah dapetin izin, saya ajak si Sugi buat jalan-jalan, tapi yang namanya kota saya gak ada tempat yang asyik, akhirnya tiba-tiba muncul ide Sugi mengajak saya ke daerah Sigura-Gura. Katanya disana ada PT. Inalum, perusahaan aluminium yang punya Dam (bendungan) untuk pembangkit listrik. Tertarik, sayapun meladeni tantangannya, hehe.

Dari kota Rantauprapat kita bergerak pukul 10.00 tepat, kami tak mengetahui sebelumnya dimana tempat itu berada, maka kami beberapa kali bertanya kepada orang. Setelah mendapatkan informasi, ternyata arahnya adalah di Kabupaten Asahan, sebelah utara dari kota kami, hingga kami menuju desa Pulau Raja, di desa inilah simpang ke Sigura-Gura berada. Dari Rantauprapat ke desa Pulau Raja butuh waktu 1 jam dengan jalan yang mulus, berbeda setelah masuk dari simpang ke lokasi tujuan, jalannya tidak selebar jalan lintas Sumatera seperti yang kami lewati tadi, kondisinya juga tidak terlalu baik. Terus mengikuti petunjuk, dan kami mulai memasuki wilayah pegunungan, suhu mulai berubah dingin. Setelah 2 jam melewati pemandangan pegunungan yang indah, sampailah kami di tujuan:
Gak dikasi masuk ke bendungannya, hiks..
Salah satu sungai yang kami temui
Sesampainya, kami melihat dari jauh sebuah hamparan air yang besar, seperti danau buatan yang sangat lebar, kami mencoba masuk, tapi oleh sekuritnya tidak diperbolehkan. Padahal dari jauh bendungannya indah sekali lho, airnya biru bersih dan sangat luas dan dikelilingi tembok yang sangat lebar. Sedikit kecewa, Sugi mengajak saya berpindah tempat, di perjalanan memang banyak sungai-sungai dengan tipikal berbatu, cocok sekali untuk rafting, kami penasaran dari mana aliran sungai itu, ternyata dari sebuah air terjun yang tak jauh dari situ.

Mulai terlihat
Mengikuti jalan yang kondisinya tidak begitu baik, tapi karena menggunakan tipe mobil memang untuk pegunungan jadi tidak perlu terlalu hati-hati. Dari jauh mulai terlihat garis putih seperti membelah tebing-tebing yang terjal. Memang terdapat beberapa anak air terjun di sekitar sini. Salah satu yang cukup terkenal oleh masyarakat setempat adalah air terjun Ponot.

Namanya cukup aneh terdengar, tapi dari jauh air terjun ini makin indah kelihatannya. Suara berisik dari hempasan airnya juga semakin menarik penasaran kami, hingga akhirnya, jreng.. jreng..

Air terjun Ponot
Subhanallah, kesan pertama kami: indah, sejuk, kereeen.. Ya, kami tak pernah tau soal ini sebelumnya, padahal rumah kami hanya berjarak 3 jam dari tempat ini. Air terjun ini berada di wilayah perbatasan kabupaten Asahan dengan Toba Samorsir, makanya banyak pengunjug yang datang dari beberapa kota sekitar situ seperti Porsea, Siantar, Rantauprapat, dan lain-lain. Kalau sudah begini, timbul deh penyakit narsis, terlebih kami tadi meminjam Sony A-230 nya teman saya. Saya gak terlalu ngerti makai gear ini, yang penting bisa buat foto, hehe.

Pose memuakkan saya seolah gak lihat kamera, haha
Coverboy majalah hama tanaman sawit, hehe



































Tempat ini sangat cocok buat keluarga dan rame-rame dengan teman. Masih asri, bersih, dan sejuk. Air terjunnya juga keren buat mandi-mandi, tapi pas tadi kita kesana orang-orang cuma mandi di alirannya, soalnya hempasannya sangat kuat, dari jauh aja kita udah basah kena tempiasan airnya. Ketinggiannya juga lumayan, leher sampe sakit kalo ngeliat dari atas ke bawah. Overall, ini salah satu tempat yang akan jadi tempat favorit saya, andai saja akses jalan ke sana diperbaiki, tentunya akan lebih baik juga buat masyarakat sekitar dan potensi wisatanya. Yah, setelah capek foto-foto, cuci muka dulu sebelum pulang dengan airnya yang cukup dingin, hehe.

Kami pulang sekitar jam 4:15, dan sampai di Rantauprapat pukul 7 malam. Cukup melelahkan, makan malam, istirahat sambil ngobrol-ngobrol sebentar dengan teman yang kebetulan berkunjung ke rumah saya, lalu setelah mereka pulang pindahin foto ke laptop, blogging deh, eh gak nyadar sekarang udah tengah malam, haha. Sudah dulu ya sahabat blogger, besok pagi takut gak kebangun, hehe.

Bagaimana dengan hari minggu sahabat-sahabat semua? :)

Salam..

32 komentar:

  1. "padahal rumah kami hanya berjarak 3 jam dari tempat ini" itu jarak yang lumayan jauh yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi rasanya terbayar setelah lihat pemandangan disana..

      Hapus
  2. pengen banget ke tempat air terjun seperti itu

    BalasHapus
  3. itu air terjunnya luar biasa indah :P

    BalasHapus
  4. Subhanallaah indahnyaaa.. perjalanan menuju ke sana *yang berjam-jam* pastinya cuapek ya.. tapi yah terbayarkan dong kalo dapat pemandangan sejuk dan adem begitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, sampe sana rasanya gak mau pulang, hehe

      Hapus
  5. Indah ya .... masya Allah ...
    Mudah2an blog ini tak pernah dibaca oleh si bos ya, banyak uneg2 pekerjaan di sini :D

    BalasHapus
  6. security: takutnya ada org yg labil...trus buang diri ke waduk...jadi tidak diizinin masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih, itu cara yang paling gak keren buat suicide mas, haha..

      Hapus
  7. waaah keren bang Yudhi *baru ngeh ternyata*
    hehe
    tinggi sekali ya itu air terjunnya.. *_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ketinggiannya mencapai +/- 250 meter mbak..

      Hapus
  8. Aiiiish itu foto2 yang udah familiar tapi belum terkunjungi, hiks :(

    Salam kenal ya Yudi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya dikunjungi,
      salam kenal juga mbak chici..

      Hapus
  9. aku pernah melewati jalan itu waktu pulang dari Toba. wah airnya deras, bagus bangat. tapi sayang aku takut lewat situ karena jalannya yg berliku liku dan jurang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang Toba juga ya kak..
      iya, airnya deras, tinggi pula,
      jalannya memang agak ngeri..

      Hapus
    2. waktu berkunjung ke rumah saudara di Toba. serius ngeri bangat tuh jalan udah sepi juga. kapok lah lewat situ

      Hapus
    3. tapi justru itu lah tantangannya kak,
      haha, ngeri-ngeri sedap..!

      Hapus
  10. wah, keren air terjunnya ya bang... kalo dari Medan kira-kira berapa jam ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari Medan jauh la bang, mau lah kena 6 jam itu..

      Hapus
  11. Hai bang yudi!

    lama nggak mampir nih! :)

    *sama2 lagi sibuk. heheh*


    Bagus bangeeeet air terjunnya..
    ngeliat doang berasa pengen mandiiii wkwkwk

    eh ini disave jd wallpaper boleh ya bang?
    ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. P.S.
      yang gambar sungai+air terjun doang maksudnya bang.
      yang ada orangnya sih.. enggak :p

      hahahaha
      *kabur*

      Hapus
  12. waah~ main kemari jugaa~!! asik kaan tempatnya? saya baru tau ternyata bisa kemari juga dari rantau prapat! secara dari porsea aja masih deg-deg serr nyari jalur~

    pakai sony alpha? waah~ keren tuh kamera nya! katanya sih bagus buat dipakai foto outdoor~! keep posting dan keep jepret yaa~!

    simply shoot and share ! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lebih dekat dari Porsea mas, gak sampe satu jam,
      A 230 itu DSLR low entry kok mas, tapi ya cukuplah kalo cuma buat narsis-narsis, haha..

      salam jepret..

      Hapus
  13. mas boleh saya minta email nya.

    BalasHapus