Senin, 26 November 2012

Dari Mail Server Sampai Pegel-Pegel

Tubuh kita biasanya akan sedikit terkejut apabila sehari-harinya jarang melakukan aktifitas fisik yang berat dan lebih banyak duduk atau bersantai. Gejala yang akan timbul biasanya rasa capek yang luar biasa ditambah beberapa pegal di bagian-bagian tubuh tertentu. Hal yang tadi saya alami ya seperti itu, aktifitas di kantor seperti biasa hanya sedikit lebih sibuk karena beberapa hari lagi akhir bulan. Tapi, kalau saya toh tidak kebagian sibuk itu sedikitpun, dari pagi saya hanya memikirkan beberapa teman saya yang mondar-mandir mengurus tugasnya, tapi saya hanya cukup duduk manis di depan dua komputer, memantau rutin dan subrutin sistem yang sekarang mulai terlihat membosankan. Yah, begitulah setiap hari selama dua bulan ini berjalan, kadang saya malah sering minta ke teman saya biar di oper beberapa tugas admin, atau cerita-cerita kosong sama mereka buat ngisi waktu. Tapi yang agak menyedihkan malah kalau akhir bulan, biar dikerjain dari pagi sampai sore juga gak kelar-kelar tugas saya, lah mereka pada pulang semua, gak peduli laporan mereka matching atau enggak dengan bagian lain, semuanya disodorin gitu aja mentah-mentah ke saya. Dulu waktu pertama memang saya perhatiin betul dan dengan detil semuanya, perbaikin ini itu, tapi kalo difikir-fikir sekarang, buat apa juga kayak gitu, kalo kata orang Betawi: ngapain suse-suse, haha. Begitu lengkap, susun report, kirim, toh mereka yang kena batunya, saya cukup dengan urusan saya, hehe.

Online seharian juga sering buat saya bosen, alhasil dua minggu yang lalu saya install deh di salah satu komputer kerja saya game Assassin's Creed: Brotherhood. Speknya gak terlalu mendukung sih dari segi VGA Card, maklumlah bukan dirakit untuk nge-game, haha. Beruntugnya lagi karena ruangan pakai beberapa sekat, jadi makin bebas deh, bawa headphone dari rumah dan bacok sana sini seperti dalam game nya, haha. Tadi sepertinya kesenangan saya itu tidak berlanjut, karena mail server yang kami gunakan selama ini ternyata sudah sekitar 3 minggu tidak berfungsi, jadi saya harus memeriksanya. Selama ini kita menggunakan Ubuntu 11.10. Uuh, malesnya saya otak-atik ini lagi, saya langsung konfir ke IT Operational Risk yang di Medan, enaknya saya cuma perlu mengaktifkan program Team Viewer (saya masih bingung sih makai program ini, sejenis remote desktop kali yak?). Jelasin panjang lebar dan send bug report, eh malah mereka bilang: kami gak mungkin mengurus sampai level itu, itu kan wewenang unit kalian, tapi 2 hari ini harus beres ya. Saya jawab dengan senyum: oke bang, saya tutup telpon dan langsung keluar kata-kata: dasar kampret, mau enaknya aja..!.

Saat itu langsung teringat ke temen saya yang pinter yang sekarang sudah bekerja di sebuah Software Dev. di Jakarta, si Romi. Tapi gak tau kenapa nomornya ni anak sibuk teruuus, gak bisa dihubungin. Padahal saya kan males banget konfigurasi shell ginian (alesan udah lupa semua ilmu kuliah, haha). Akhirnya, saya putuskan untuk mengambil langkah paling bijak: biarkan saja, toh nanti kalau sudah terlalu macet, orang dari pusat datang benerin, haha. Gak tau kenapa akhir-akhir ini sering banget ngikutin tabiat-tabiat temen-temen saya disini, dengan gaya kalo bisa ditunda, ngapaian harus dikerjakan sekarang? haha, sialan. Hmm, lalu kenapa tadi saya jelasin kalo saya capeeek banget, itu tadi karena saya stres sekali, saya coba hampir sekitar 1 jam untuk konfigurasi ulang, malah di-reset, tetep aja balik-balik ke situ juga. Bosan, saya main-main ke gudang stock yang didekat cooling room (kami penyedia daging olahan dan frozen food lain), saya sering ngobrol dengan mereka bagian sales dan purchasing bahkan beberapa sangat akrab. Mulai segan karena saya hanya duduk-duduk sedangkan mereka mengangkati box-box itu, saya mencoba untuk ikut mengangkat beberapa box kecil, tapi ternyata berat juga. Mereka ketawa kecil lihat saya kewalahan dan sedikit kecapean. Wah, sepertinya saya sudah sangat jarang olah raga nih, baru beberapa box saya angkat, saya sudah tidak sanggup lagi, terduduk lemes, dan cuma liatin mereka melanjutkan aktifitasnya. Tapi yah, daripada balik keatas, paling diajakin ngegosip gak berguna, apalagi liat komputernya lagi, bisa-bisa saya ancurin karena stres, haha. Jadi mending disini, melihat orang lain, yang kadang harus berusaha lebih keras untuk melanjutkan hidupnya dan keluarganya, tapi bukan berarti keenakan ngaso di bawah juga, paling kalau otak saya udah gak mumet lagi, saya coba beresin lagi mail servernya.

-Hiburan gak harus yang serba "wah" kok sahabat-sahabat, kadang melihat orang-orang yang keras bekerja dengan ikhlas juga buat kita sedikit tersenyum, bersemangatlaaah..! :)

5 komentar:

  1. kalo kata orang2 di twitter, bahagia itu sederhana :)

    BalasHapus
  2. ha ha ha..... koq ikut2an orang lain sich...

    BalasHapus
  3. saya juga suka ngeliatin orang kerja haha bukannya bantuin..

    BalasHapus
  4. hehehee mungkin cerita ini cocok juga buat admin jaringan dikantor aku yang keliatannya 'nyantai'

    BalasHapus