Kamis, 08 Juli 2010

Rantauprapat: The Other Side

Banyak hal yang kita lihat setiap harinya, banyak kejadian-kejadian yang menandai waktu tertentu. Biasanya kita akan mengingat suatu waktu dari apa yang terjadi saat itu, dan pastilah kejadian itu memiliki arti buat kita. Salah satu cara untuk tetap mengingat kejadian dan tempat adalah dengan gambar/foto. Apabila kita mengambil gambar saat berada di suatu tempat dan sedang meraskan sesuatu, misalnya persaan senang, lalu melihat kembali hasil foto tersebut di waktu lain, seakan perasaan tersebut dirasakan kembali. Untunglah manusia dianugrahi perasaan, maka dapat memaknai keindahan ciptaan Tuhan disekitar kita.

Seperti saat saya menulis post ini, saya sudah melihat beberapa kali gambar-bambar yang saya masukkan kedalam tulisan ini, dan betul saja, saya merasakan kembali perasaan saat saya mengambil gambar-gambar itu. Yah, tapi karena saya tidak pandai mengungkapkannya dengan kata-kata, saya coba dengan gambar, dan saya rasa itu cukup berhasil :). Gambar-gambar yang saya ambil berlokasi di kampung halaman saya, Rantauprapat, Sumatera Utara. Tidak banyak tempat menarik di kota ini, dan saya juga tidak mengekspose tempat-tempat yang menurut orang adalah tempat yang bagus. Beberapa gambar ini juga masih jauh dari kualitas professional, karena ya itu tadi, bukan bermaksud untuk tujuan tertentu, hanya ketertarikan saya merekam kejadian, tempat, dan persaan saya saat mengambil gambar tersebut. Ketertarikan dalam dunia fotografi, ya, itu lebih tepat bagi saya. Oke, sebaiknya langsung saja yah..


White Wind from Mr. Martin
date: 07/07/2010
iso: 180

f: 2,8

tempat hunting saya kali ini adalah daerah Emplasmen, sekitar 4 kilometer dari pusat kota Rantauprapat, dilalui Jalan Lintas Sumatera, tipikal daratannya merupakan dataran rendah dan perbukitan kecil. Menurut saya, tempat ini sangat tenang, perasaan letih saya saat itu rasanya hilang saat beristirahat dipinggir telaga ini. Melihat bunga-bunga teratai putih dan ungu bermekaran, dan hembusan angin pelan, lumayan menyenangkan.


Sunset, let it be..
date: 06/07/2010
iso: 80

f: 3

masih disekitar daerah Emplasmen, foto ini diambil saat matahari mulai terbenam, sebenarnya landscape bagian bawah cukup indah, yaitu sebuah sungai yang memebentuk komposisi diagonal, tapi karena saya fokus pada moment senja, landscape bagian bawah diabaikan. Saat hendak pulang, eh malah ada matahari terbenam dengan gradasi warna yang cukup saya sukai. Jepret..! dan satu foto matahari yang letih pun terekam.

River, bring me to..
date: 06/07/2010
iso: 400
f: 3

Sebelum foto sunset diatas, saya mengambil beberapa gambar. Di Rantauprapat, terdapat beberapa sungai. Ini hanya salah satu anak sungai yang berada di daerah Emplasmen. Wah, ingin melompat langsung ke air jadinya.






yellow
date: 05/07/2010
iso:
100
f: 2,8

Kali ini kita berpindah tempat, daerah berikutnya bernama Kampung Becek, dari namanya lucu sih, tapi saya menyukai tempat ini. Daerah ini letaknya agak jauh dari pusat kota, didominasi oleh persawahan. Pasokan beras untuk Rantauprapat dan beberapa daerah sekitar adalah dari tempat ini, tipikal daratan adalah dataran rendah, sebagian padang rumput dan rawa.


bro, look it..!
date: 05/07/2010
iso: 800
f: 4

Wah, pertama kali sampai ditempat ini, saya langsung kepikiran Layangan, soalnya angin disini sangat mendukung untuk bermain layangan. Dan memang ada beberapa anak sedang bermain layangan. Tapi karena saya tidak punya layangan, kamera juga boleh, hehe. Anak-anak itu sedang mengusir burung-burung yang berdatangan. Tak apalah, yang penting yang diusir bukan saya.

Sky versus..
date: 05/07/2010
iso: 100
f: 2,6

Dari sebuah pondok, saya beristirahat, melihat sekitar. Hamparan sawah menguning, beberapa petani mulai pulang kerumahnya. Saya juga mesti pulang, kalau tidak, wah.. banyak nyamuk dong..!

Masjid Agung
date: 03/07/2010
iso: 80
f: 2,8

Masjid ini merupakan masjid tertua di Rantauprapat, tapi saya tidak tahu kapan tepatnya masjid ini dibangun. Arsitektur bangunannya ciri khas Melayu, dengan kompisisi warna kuning dan hijau. Di masjid ini saya sering bertemu teman-teman lama, kami bercerita di pelataran teras. Sejuk, apalagi banyak buku yang bisa dibaca disini. Letaknya di pusat kota, dan dilintasi Jalan Lintas Sumatera.

Morning glory..
date: 03/07/2010
iso: 100
f: 2,3

Menunggu mentari yang sebentar lagi akan benderang. Sehabis kewajiban subuh di masjid, saya coba olahraga lari (tapi kok jadi ngambil gambar? hehe) . Yah, tapi karena momentya saya suka, tidak ada salahnya merekamnya dalam gambar. Sambil meneyelam, foto-foto, hehe.

Masjid Raya
date: 03/07/2010
iso: 200
f: 3

Terletak tidak jauh dari pusat kota, masjid ini adalah masjid terbesar di Rantauprapat. Banyak aktifitas dilakukan disini. Lokasinya cukup megah, ciri khas arsitekturnya tidak mencolok, dan belum terlalu tua untuk ukuran masjid.

Hmm.. itulah tempat ini, dari sisi lain, yang dari kebanyakan orang biasa saja, tetapi bagi saya punya arti tersendiri. Seperti biasa, karena saya sudah terlalau banyak mengetik, jari-jemari jadi capek, sekian dulu. Salam Jepret..!

19 komentar:

  1. wah... fotonya keren-keren mas... apalagi ditambah dengan informasi... thanks ya... jadi lebih tau tentang daerah mas...

    BalasHapus
  2. Hhh. Senjanya cantik sekali. Saya jatuh cinta...

    BalasHapus
  3. mas albert: wah.. wah.. mas bisa aja, cuma pengen nulis sesuatu buat kampung halaman aja kok mas..

    mbak eka: merekam ciptaan Tuhan bak, hehe..

    BalasHapus
  4. muanthaf...... foto2 nya bos.. Keren lho!!!! Salut for u. Kreasikan terus :D OK

    BalasHapus
  5. wah pengambilan gambarnya keren,,,
    jempol dah buat jepretannya

    BalasHapus
  6. mas manusia biasa: hehe, makasih mas, terus berkreasi..!

    mas rezky: terima kasih sudah mampir dan lihat-lihat..

    BalasHapus
  7. foto matahari terbenam nya kerennnn, salam kenal sobat, makasih kunjungannya

    BalasHapus
  8. salam kenal mas,
    terima kasih..

    BalasHapus
  9. gile, keren2 fotonya. kameranya jenis apa tu mas?

    BalasHapus
  10. saya gunakan beberrapa mas,
    Canon EOS 350D
    Canon Digital Ixus 65

    BalasHapus
  11. fotonya mak nyos, kapan2 perlu hunting bareng sepertinya.

    BalasHapus
  12. emang manteb pengambilannya,sukses selalu sob

    BalasHapus
  13. mas fai: boleh juga tuh mas..!

    mas arya: trima kasih :)

    mas angger: salam sukses..!

    BalasHapus
  14. mas suryaden: tulisan mas juga lho..

    mas albert: monggo mas..

    BalasHapus
  15. woyyy agan-agan bisa lihat blog ku juga ya mengenai rantauprapat juga... ^^ :D

    BalasHapus
  16. ini : yogimakeachanging.blogspot.com... terima kasih.

    BalasHapus