Senin, 06 Juni 2011

Kismis Keju Ala Yudie

 

Hmm, jadi ceritanya begini, tadi pagi saya yang sudah janji dengan ibu dosen pembimbing favorit saya yang baik hati bertemu di ruangannya. Seperti biasa, saya menyerahkan perkembangan draft skripsi yang sedang saya susun sekalian memulangkan beberapa buku kepunyaan bu dosen yang dipinjamkan ke saya. Saat itu, saya merasa pasti bakalan diomelin lagi kayak kemarin karena pengerjaan yang lambat, tetapi tadi bu dosen senyum-senyum melihat lembaran-lembaran draft tersebut lalu berkata: hmm, lumayan untuk minggu ini, yasudah, kamu ambil waktu untuk istirahat dulu, jangan dipaksakan. Dengan wajah berseri-seri saya keluar dari ruangannya, akhirnya bisa mulai tenang setelah mendengar perkataan ibu dosen favorit saya itu. Sesampai di rumah, saya langsung melihat kondisi blog yang akhir-akhir ini kurang diurus, lalu BW kebeberapa tempat dan melihat postingan resep puding kismis kenari. Saya jadi penasaran, dan langsung mencatat bahan-bahannya dan pergi berbelanja, hehe.

Oke baiklah, sebenarnya resep ini saya ambil dari Aneka Resep Puding, tapi karena beberapa alasan saya melakukan penyesuaian dengan selera saya juga dengan bahan-bahan yang tersedia. Peralatan memasak yang terbatas juga membuat saya terpaksa menggunakan alat-alat alternatif, misalnya menggunkan tempat yang terbuat dari plastik yang seharusnya cetakan aluminium untuk dikukus. Udah gitu foto-fotonya juga cuma pakai kamera HP, hehe.

Langsung menuju dapur, ini dia bahan-bahannya:
- Roti tawar 10 lembar tanpa kulit
- Susu cair 600 ml
- Telur 4 butir
- Gula pasir 100 gr
- Margarin 75 gr, cairkan
- Vanili 1/4 sdt
- Kismis 50 gr
- Kenari 50 gr, cincang (saya ganti jadi potongan keju)

Cara Membuatnya:
Rendam roti dalam larutan susu selama ± 30 menit sampai hancur dan lembut. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut, masukkan ke dalam adonan roti, aduk rata. Masukkan margarine yang telah dicairkan dan vanili, aduk kembali lalu tuang ke dalam cetakan tahan panas yang sudah diolesi margarine. Kukus atau panggang hingga matang. Pada saat ½ matang, taburi kenari (atau keju) dan kismis cincang. Setelah matang angkat, hidangkan dingin atau panas.





Gimana? gak sulit kan?. Resepnya memang termasuk gampang, dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Silahkan dicicipi, hehe. Selamat mencoba..!

35 komentar:

  1. boleh juga nih
    tapi motonya mbok ya jangan di lantai gitu, hehe...

    BalasHapus
  2. apalagi kalau ibu dosen dikirimin puding ini ya? hmmm tambah deh ntar mujinya :D

    semangat dgn skripsinya :)

    BalasHapus
  3. hmmmm ...lezat n nikmat banget lihatnya nih ... makasih ya udah bagi resepnya ...kapan2 nyoba ah... btw .. gimana nih dgn puding jagungnya ...hehehhe...

    BalasHapus
  4. sepertinya asyik tuh..

    Kunjungn prtma nih kak...

    BalasHapus
  5. enak gak tuh? xixixi... cie yang mulai merambah dunia masak memasak^^

    BalasHapus
  6. waaaah kebetulan lagi blum sarapan ini hehe.
    mas yudh, aku minta dibuatin dong :3

    BalasHapus
  7. >mbak dee: waaah, iya nih mbak, maaf.. hehe, maklum anak kost ndak punya meja, sebetulnya kemarin mau dirapiin dikit lagi presentasinya n ditambah secangkir kopi dismpingnya, tapi temen2 langsung nyerbu aja, gak sempet deh..

    >mbak narti: wah, itu sih namanya praktek penyuapan dengan makanan dunk mbak, melanggar hukum ndak ya? hehe.. pasti mbak, saya pasti semangat..!

    >uni sukma: hehe, kemarin kan gak sempat difoto udah dihajar ama The Mahmuders uni, tapi resepnya ada kok di komen posting sebelumnya, NB: yang puding jagung, tepung roti bisa diganti sama maizena..

    >mas wawank: wah, terima kasih kunjungannya ke blog saya yang tak seberapa ini.. :)

    >mbak cyaam: haduh my sist, itu kembali ke lidah masing2 yang nyicipin, tapi kalo my sist harus bilang enak ya, kalo gak kita musuhan nih, hehe.. hmm, setelah musik, fotografi, backpacker, trus masak-masak, nanti ngapain lagi ya? >:)

    >mbak laras: lho, kok baru mau sarapan jam segini? gak bagus lho mbak buat lambung, sesibuk apapun diusahain tepat waktu ya.. hmm, oke, saya ke dapur lagi nih.. :)

    BalasHapus
  8. wahh asyik nech nemu resep baru disini...tapi aku ngga punya cetakannya nech....emang pake cetakan plastik ngga meleleh?

    pengen nyoba.......kayaknya enak bangettt

    BalasHapus
  9. rasanya gimana mas, koq gak sekalian di sebarin ke kita2. Khan bisa cukup untuk ber ngiler ria. Hehe.

    BalasHapus
  10. >mbak nia: saya pakai rantang plastik mbak, sewaktu mau dikukus olesin margarin dulu biar gak lengket, dan gak meleleh tuh, mungkin karena dikukus, kalau di oven mungkin meleleh..

    >novita: hehe, silahkan dicicipi..

    >mbak fanny: suka banget mbak, terutama yang manis-manis.. :)

    >mas ardian: kalo saya boleh narsis sih, ya enak mas, hehe.. silahkan datang untuk mencicipi langsung mas.. :)

    BalasHapus
  11. Mah bisa dipiara nih.... just kidding.

    BalasHapus
  12. wah lama tak berkunjung,,,wuuui berhasil ya masakannya. Bberapa hari yang lalu saya sama teman saya buat donat aj gosong, hehe

    BalasHapus
  13. Mmmhhh...ini memang posting yang bener2 yummy...
    dosa lo mas bikin pengunjung jd ileran gini :))

    BalasHapus
  14. salut! cowo bisa masak..

    BalasHapus
  15. Kismis oh kismis....fotomu saja sudah begitu menggoda, apalagi mencicipi tubuh seksimu, heuheu...
    nice post

    BalasHapus
  16. kayaknya sih ngga sulit, tapi susah banget ngilangin rasa malesnya hehe ;p

    asik dong ngga diomelin bu dosennya hahaha

    BalasHapus
  17. dari gambarnya sih yummy, tapi tetep nggak yakin kalo kamu bisa buat sendiri sih Yud. hahaha...

    ah, entah kenapa saya nggak terlalu suka sama kismis yaa.. keriput gitu bentuknya, asem pula.. nggak matchin. *laah malah OOT

    coba kamu bikin buat nyogok dosen biar semua urusannya lancar.. hihihi

    PS : maaf baru mampir, baru bisa koneksi internet mulus sekarang :P

    BalasHapus
  18. >mas baha: ngomong opo tho mas?

    >mbak rose: alhamdulillah berhasil mbak, lha kok bisa gosong tho?

    >mas insan: wah, postingan paling yummi ya mas, hehe.. terima kasih..

    >mbak yen: hehe, masak kan bukan untuk cewek aja mbak..

    >mas insan nugraha: wah.. wah.. mas nya ini ngeliat kismis udah kayak cewek seksi aja nih.. :p

    >mbak siti: saya juga suka males kadang mbak, tapi gitu dimulai rasanya ketagihan, hehe.. iya, seneng deh gak diomelin kemarin..

    >mas gaphe: huuuh, jahat nih mas gaphe..! paling saya dibantu modal dari temen-temen, hehe.. hmm, jangan salah mas, kismis itu ada alasannya, bahan2nya kan berlemak dan manis semua, rasa asam dari kismis membantu netralisir rasa manis dari susu dan asin dari keju.. (sok tau saya, hehe)

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum Kang
    wah menggoda sekali Kang,
    kalo pake kenari rasanya gimana ya Kang? maklum belum pernah merasakan. apa seperti kacang kali ya.
    Kreatif sekali resepnya.

    BalasHapus
  20. wah.hebat mas...bisa bikin kue

    BalasHapus
  21. wah... menarik sekali, pengen banget nyobain nih resep kapan2.. :)
    Shasa pasti seneng banget kalau dibuatin deh.

    BalasHapus
  22. weeww ... kayaknya uenak banget nih
    bisa kirim lewat email ga? hahah :P

    BalasHapus
  23. >mas pakies: walaikumsalam, iya mas, memang seperti kacang hanya teksturnya lebih lembut dan punya aroma khas..

    >mas wahjoedi: mas juga hebat, bisa bikin nasi goreng spesial.. :)

    >mbak reni: wah, iya mbak, gak sulit kok, saya aja yang baru belajar bisa..

    >mas rezky: boleh donk mas..

    >mas john: bisa.. bisa.. mas, ntar biar saya attach aja dan kirim ke emailnya mas, hehe.. :p

    BalasHapus
  24. wihhh keren. si broo juga jago memasak. kayak nya menggius kan banget roti nya. mau dong

    BalasHapus
  25. ternyata suka masak juga ya....wah mau donk..hehe

    BalasHapus
  26. Walah sobatku yg satu ini emank paling kreatif deh haha mau makan puding aja nyari resep, bahan dan bikin dulu.... Aku +1 deh untuk postingan ini :D Soalnya aku juga suka Puding biarpun lebih suka Cokelat sih wkwkwk...

    Itu dosen pasti yg paling asik ya Sob, dikampusmu hhe.. :D

    Oiya maaf nie baru bisa mampir lagi sob, dan untuk pertanyaan Google Ads kemaren itu, Akun pertamaku dan keduaku kebetulan udah dibanned dan akun ketiga yg sekarang kupake Aku Daftarnya make Menu Uangkan yg di Blogspot jadi keitungnya bukan minta bahasa melainkan minta konten makanya keterima lagi biarpun Blognya bahasa Indonesia hhe... klo akun kedua daftarnya make Site Google sob... jadi klo mau daftar lagi mending sobat manfaatin Menu Uangkan atau Site Google aja ketimbang daftar langsung di Page Adsense yg kemungkinan diterimanya kecil :D

    Semangat Sob... :D aku pamit mau tidur ah...

    BalasHapus
  27. jagoo ne bikin kismisnya.. ajarin donk.. :D

    BalasHapus
  28. looks yummy.
    hehe.

    Mau coba juga ah. Tapi Aul gasuka kismis tuh bang.
    Pake chococips atau coklat cincang aja kali yaa...
    :))

    Btw betul tuh bang kata kak dee. ngambil gambarnya jangan di lantai. kalo Aul usul yah bang, manding di atas meja aja. trus kalo bang yudi mau background putih biar hidangannya keliatan lebih jelas, dialas pake kertas HVS aja buat motretnya. efek kontrasnya lumayan tuh.

    Teruss...
    kalo pake hiasan kayaknya bakal makin seru tuh bang! Pake daun-daunan, atau potongan buah kayak stroberi/ jeruk/ buah lain yang ada warnanya.

    Aul sering nonton acara farah Quinn sih, jadinya gitu. haha

    BalasHapus
  29. >mas bayu: walah, ketinggalan nih mas, udah abiiis..! :p

    >mbak isti: iya mbak, hobi baru nih, hehe..

    >mas dj: waaah, dapet +1 nih dari mas dj, iya emang mas, beruntung saya dosen pembimbingnya cocok sama saya, hehe.. hmm, gitu ya, saya belum coba sih yang diuangkan.. thanx berat infonya ya mas..

    >mas dhan: oalah mas, saya aja masih belajar, hehe..

    >dek aul: hmm, abang belum kepikiran tuh dek pake choco chips, karena kemungkinan meleleh diatburin swaktu stgh mateng dan lagi harganya lebih mahal, hehe.. iya, abang juga niatnya mau dipercantik lagi, tapi kemarin temen2 udah pada gak sabar tuh dek mau menyikat habis..

    BalasHapus
  30. halah...
    bikin panas ati aja neh...
    jadi kangen makanan dan peradaban ...

    BalasHapus
  31. asli jadi bikin laper siang ini.. kebetulan tadi keluar belum sempet isi perut :(

    BalasHapus
  32. >mas rawins: weleh-weleh, emang sekarang lagi dimana mas?

    >mbak merliza: hehe, maaf ya mbak, udah bikin makin laper.. :p

    BalasHapus