Rabu, 28 September 2011

Thanks To Allah, For The Last Battle

Alhamdulillahirobbilalamin. Subhanallah, sidang saya telah selesai. Saya tidak tahu bagaimana menggambarkan perasaan saya saat ini. Senang, bercampur kaget, gak yakin, senang lagi, kaget lagi, haha. Akhirnya, sidang sarjana telah berhasil saya lalui, dan lagi-lagi dengan hasil yang sangat diluar dugaan saya, hehe. Ini adalah salah satu pertarungan terbesar dalam hidup saya, saat-saat dimana saya memepertanggung jawabkan pendidikan yang telah saya serap.

Sidang dimulai pagi jam 08.30, dan saya telah berada di kampus sejak pukul 07.30. Satu hal yang sangat saya banggakan dari teman-teman saya, mereka semua sangat peduli dengan acara ini. Mereka telah mempersiapkan hal-hal teknis seperti konsumsi dan bahkan menuliskan daftar-daftar untuk keperluan penilaian karena malamnya saya lupa mengisinya, maklum, bawaan lulus, hehe. Kerjasama yang solid juga terjadi dari pihak tata usaha yang sangat koordinatif, hingga akhirnya acara dimulai pada pukul 08.30. Sidang yang dibuka oleh ketua program studi dengan beberapa kata sambutan dan pernyataan resmi itu, awalnya membuat saya sedikit grogi. Tapi, lagi-lagi Allah tak pernah meninggalkan saya, bahkan disaat saya tak mengingatNya. Saya sempatkan shalawat dengan berbisik, lalu anehnya, semua rasa grogi itu hilang, hati saya rasanya jadi lempang. Teman saya Iin juga pernah mengajarkan saya doa yang dilafalkan Nabi Musa agar lisan lebih lancar dalam menyampaikan kebaikan.

Lagi Main Game Sama Erlin, hehe..
Sidang dihadiri oleh Duet Maut pasangan dosen paling hebat sedunia versi saya, siapa lagi kalau bukan Mr. Jack dan Mrs. Hello Kitty. Tapi, kali ini mereka hadir bukan sebagai pembimbing, melainkan sebagai tim penguji. Sidang berjalan lancar, dimulai dengan pertanyaan yang sangat mendetail tentang penelitian yang saya sudah kerjakan. Sempat juga terjadi adu argumen dengan ketua penguji, kami sempat berdebat tentang signal processing, yang menurutnya adalah fungsi trigonometri tingkat teknik. Sementara saya berkeras bahwa itu adalah transformasi sederhana dari deret Fourier, sedikit pembuktian, akhirnya argumen saya dapat diakui, hehe.

Tiga orang dosen penguji saya adalah petinggi dari jurusan Matematika, sedangkan yang satunya lagi adalah dosen dengan basis Ilmu Komputer. Mungkin itu yang membuat Mr. Jack menetapkan orang-orang tersebut menjadi pembimbing dan penguji saya. Semenjak semester 2 kuliah, saya sangat menyenangi pelajaran Kalkulus, dan yang anehnya pelajaran tersebut adalah salah satu mata kuliah saya dengan nilai terburuk, hehe. Tapi yah justru itu tantangannya, apalagi semenjak akhir-akhir ini, saya mempunyai seorang pembimbing ke-5 yaitu Romy Elamco. Kalau saya tergila-gila dengan Kalkulus dan Trigonometri, maka Romy adalah rajanya Aljabar Linear. Ketangguhan logical programmingnya ampun deh, dan dia sangat banyak membantu penyelesaian skripsi saya. Yah, setelah beberapa penjelasan dan pembuktian teori yang berlangsung cukup menegangkan, akhirnya sidang dihentikan, saya disuruh keluar dari ruangan, lalu mereka membahas hasil sidang tadi, sekitar setengah jam, saya dipanggil masuk lagi, dan akhirnya saat yang ditunggu-tunggu. Hasil yang sangat diluar dugaan saya itu dibacakan dihadapan saya sambil berdiri dihadapan para dewan sidang. Mendengar hal yang sangat menakjubkan itu, lutut saya gemetaran, perut saya bergejolak, aah, kaget sekali rasanya, seperti terbang diatas kebun bunga, melayang-layang, haha.. lebay.

Setelah itu, sidang ditutup dan beberapa nasihat disampaikan kepada saya. Jujur, saat itu rasanya air mata saya mau keluar, sangat aneh, padahal saat itu sangat membahagiakan buat saya. Setelah itu, teman-teman menyambut di luar dengan riang, wah, wah, wah.. seperti mereka saja yang baru lulus sidang. Beberapa sesi foto narsis pun dimulai, haha. Setelah itu, kami keluar cari makan, sudah lapar karena kebanyakan ketawa-ketawa dan bergaya narsis. Hmm, ternyata udah panjang saya nulisnya yaa..! Haha. Hari ini sangat membahagiakan, walaupun ini adalah The Last Battle, tapi ini adalah sebuah awal untuk satu petualangan hidup yang lebih menakjubkan lagi. O iya, terima kasih banyak juga buat semua sahabat Blogger yang udah mendoakan saya, semoga kebaikan sahabat semua dibalas oleh Allah, aamiin..!

"Allah bersama orang-orang yang berusaha keras.." -Kak Pipit

21 komentar:

  1. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

    Alhamdulillahirabil'alamin...
    Barakallah ya Mas Yudhi atas kelulusannya.
    Maaf baru berkunjung...

    Tinggal tentukan langkah selanjutnya, Tetap berusaha keras untuk merealisasikannya...

    mohon doanya juga ya mas..agar saya bisa mendapatkan beasiswa untuk lanjut S2. Aamiin..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah..... sesuatu ya....
    Akhirnya bisa nyusul juga.
    Kapan wisudanya...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ... air mata kebahagiaan menyertai keberhasilan ini Kang, semoga semakin dekat dan dimudahkan untuk melangkah yang lebih baik untuk ke depannya

    BalasHapus
  4. hwaaaaa... udah lega mas yudi
    selamat ya mas, semoga lancar rencana selanjutnya

    BalasHapus
  5. Selamat ya. Semoga sukses selalu. Tinggal mencari pekerjaan yang layak.

    BalasHapus
  6. Amin.
    Selamatttttttt, tahap selanjutnya semoga diberi kemudahan. Nggak bisa bayangin nanti saya pas sidang gimana, masih lama padahal. hehe, saya mau dong do'a yang dilafalkan Nabi Musa agar lisan lebih lancar dalam menyampaikan kebaikan, pasti bermanfaat dimasa2 penuh presentasi kayak gini >.<

    BalasHapus
  7. Wuah selamat...selamat tinggal nunggu wisuda yah :)

    BalasHapus
  8. Horeeee! Selamaaat ya! :D

    BalasHapus
  9. wah selamat selamat..makan2 dong hehee

    BalasHapus
  10. selamat ya...
    menangis bukan saat sedih saja, ada koq tangis bahagia, itu wujud rasa syukur.

    maaf telat kesini, artikel sebelumnya juga membacanya barusan, turut berdoa, tapi ternyata udah tahu hasilnya.

    satu jalan sudah terlewati...

    BalasHapus
  11. dunia kerja, sepertinya fase ini akan om temui :D

    BalasHapus
  12. selamat memasuki dunia baru.. semoga sukses selalu

    BalasHapus
  13. selamat yah, selanjutnya kerja dan nikah :D

    BalasHapus
  14. selamat yah, sekarang udah jadi sarjana :D
    sukses terus :)

    BalasHapus
  15. salam kenal dulu yaw..

    saya nyasar dari blog tetangga. tapi lupa, gara-gara buru-buru.

    mo ikut ngucapin selamat ya. SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU, sebagai SHADOW MOON

    krik.. :D

    BalasHapus
  16. tinggal bentar lagi nih gondol gelar sarjana...

    kunjungan perdana, salam kenal~

    BalasHapus
  17. >mas rian: wah, saya doakan maaas, semoga cita-cita megsisternya tercapai, itu adalah hal yang baik, saya yakin akan dimudahkan oleh Allah..

    >mas pandu: oke thanks..

    >mas riu: insyaAllah, bulan depan mas..

    >mas pakies: insyaAllah, Allah ada di setiap usaha mas..

    >mbak oryzabitha: terima kasih mbak..

    >mas arqu3fiq: betul sekali mas..

    >mbak kenzhi: udah saya komen di blognya mbak..

    >mbak tri: betul sekali mbak..

    >mas asop: horrreee..!

    >mbak fanny: makan2nya disini mbak, hehe..

    >mbak ami: thanks ya mbak..

    >mbak narti: wah iya juga mbak..

    >mas john: siapa takut, hehe..

    >mas piyen: iya mas, thanks..

    >mas rio: weleh, belum ada mikir untuk itu mas, kalo kerja iya duuunk..

    >mbak riss: terima kasih..

    >mas dokter: iya mas, kini Shadow Moon yang baru, yang jauh lebih powerful sudah lahir ke dunia, hehe..

    >mas lain: wah iya, salam kenal juga..

    BalasHapus