Jumat, 10 Mei 2013

Plant Project #1

Sebagian lahan yang belum dibabat
Dengan bantuan Irul kami berhasil membuat rangka pondok (Thanks to Irul)
Sebagian lahan yang sudah dibabat tapi belum dibersihkan
Sebelumnya saya memang belum pernah cerita di blog ini soal proyek kecil-kecilan yang saya dan teman saya Rudi coba kerjakan. Beberapa bulan yang lalu saya mempunyai ide untuk bertani kecil-kecilan karena waktu kerja saya yang tak begitu padat. Selanjutnya saya mengambil alih salah satu tanah peninggalan Ayah saya yang kondisinya sudah agak lama tidak diurus dan sudah dipenuhi semak belukar tinggi bahkan beberapa pohon keras. Akhirnya kami menyewa jasa tukang babat dan pembersih lahan, hingga saat ini sudah hampir 100% dibabat, tinggal menunggu sisa pembabatan mengering dalam 2-3 hari ini lalu mereka bakar. Saya dan Rudi sudah mengukur ulang dengan warga sekitar dan membuat patok batasnya, lalu kami juga sudah membuat pagar darurat di sekelilingnya. Masih banyak yang harus dibenahi, seperti mencangkul seluruh lahan agar semua akar-akar semak tercabut, menggemburkan, membuat parit, hingga membuat bedengan. Yah, karena kemarin kami tidak pernah bekerja seperti itu, mulai tadi pagi kondisi saya drop, badan pegal-pegal, saya tidak pergi ke kantor, dan tadi sore saya hanya minta Rudi cek lahan sebentar. Soal tanamannya apa, itu nanti saja yah, yang jelas kami sudah mulai menyemai benih di tempat berbeda yaitu pekarangan rumah saya.

15 komentar:

  1. Ntar kalo panen ajak saya ya Bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, gampang itu Ki, ikut tender ntar ya, haha..

      Hapus
  2. seru itu :) gw juga suka tanam menanam

    BalasHapus
  3. berkebun bunga matahari, bang! ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan mau membuat taman rekreasi mbak, ini tujuannya lebih serius..

      Hapus
    2. baiklah baiklah.. tapi bunga matahari bisa dijual lho bang.. jangan salah.

      Hapus
    3. sayangnya itu tidak bisa jadi pilihan di tempat saya mbak, saya berfikir untuk tanaman yang saya bisa pelajari dari pengalaman orang disekitar saya perawatannya dan sifatnya yang lebih komersil..

      Hapus
  4. wah banting setir nih ceritanya :D

    BalasHapus
  5. Asiiiik

    dulu juga Aul mau bgt punya lahan pertanian mini gitu.
    agak dua kali dua meteran cukup lah, sekedar ngilangin jenuh sama aktivitas.

    Tapi...

    tanah nya gak ada ('_')

    Padahal udah ngebet banget pengen bertani kayak game harvestmoooonnn.....

    *fanatiK*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ini bukan harvestmoon Aul, ini dunia nyata,
      aah, too much internet ya aul.. -_-"

      Hapus
  6. ciyeeee bercocok tanam nih ye..
    menanam jagung di kebun kita dong bang, eh kebun abang sih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa bilang saya mau nanam jagung Yen?

      Hapus