Selasa, 21 Juni 2011

1st Anniversary: The Chronologist

Alhamdulillah. Satu tahun sudah blog ini menemani hari-hari saya. Blog yang saya anggap sebagai rumah hasil rancangan saya sendiri. Rumah tempat saya menuliskan hal-hal yang meninggalkan arti, yang menjadi tempat beristirahat dikala sibuk dan berbagi dikala senggang. Rumah tempat saya menjamu sahabat-sahabat baru yang sudi berkunjung untuk bersilaturahmi, berbagi ilmu atau sekedar bersenda gurau. Ingin rasanya saya menceritakan lebih dalam tentang rumah ini, karena selama ini rumah yang tertempel diatas pintunya nama Inside Yudie ini hanya tempat cerita-cerita saya, tanpa pernah menceritakan rumah ini sendiri. Baiklah, kalau begitu saya akan menceritakan sejarah tentang rumah ini. Cerita yang dirangkum dalam sebuah kronologis yang saya buat dalam penggalan waktu per tiga bulan.

RE:BORN Era (2010, Juni - September)

Postingan Pertama (21 Juni 2010)
Dahulu, tepat satu tahun sebelum hari ini, saya terinspirasi oleh seorang teman masa SMA. Seorang teman yang selalu menuliskan hal-hal yang menurut saya adalah motivasi hebat serta keinginannya untuk selalu menjadi yang "berbeda" dari yang lainnya. Sebut saja dia Die, karena nama itu adalah nama yang dipilihnya sendiri, yang mengartikan dirinya mati, mati untuk satu hal, entah apa, hanya Die yang tahu. Saat itu, Die menyarankan saya untuk menulis, karena menurutnya, dengan menulis saya dapat belajar lebih banyak, dapat menggali apa saja yang ada di dalam hati dan fikiran saya. Saya yang juga baru beberapa bulan tidak menggunakan jejaring sosial dan terbiasa menuliskan hal singkat belum dapat beradaptasi dengan blog yang biasanya dengan gaya tulisan deskriptif.

Rantauprapat The Other Side
Akhirnya tanggal 21 Juni tulisan pertama saya muncul ke dunia maya dan saya bersyukur beberapa sahabat yang saat itu belum saya kenal langsung memberikan tanggapannya atas tulisan itu. Hal ini membuat saya semakin tertarik untuk menulis. Sejak itu, mulai dari pengalaman bertualang ala backpacker, hunting foto dan review-review saya tentang musik mulai mewarnai aktifitas menulis saya. Nama Inside Yudie saya dapatkan tanpa memiliki kriteria nama lain yang cocok, karena hanya nama itu yang ada dalam fikiran saya, entahlah, sulit mengungkapkan maknanya, hanya bagi saya itu sangat dalam. Foto pemilik rumah adalah sosok Satria Baja Hitam, dengan alasan sederhana: keren dan pembela kebenaran.

Di waktu yang sama, seorang anak bernama Kyo yang juga mempunyai teman bernama Die. Hari-hari baru yang menurutnya sangat menakjubkan karena sebelumnya banyak hal yang terjadi dalam hidupnya. Hal-hal besar yang membuatnya sadar, bahwa hidup bergerak sesuai alur waktu, dengan kejadian-kejadian di waktu yang akan datang yang tak pernah dapat diketahui sebelumnya. Hal-hal besar yang membuatnya sadar bahwa dunia ini sangatlah fana, membuatnya untuk selalu berfikir ribuan kali dalam melakukan sesuatu. Sebelumnya, Kyo juga mengalami sesuatu yang membuatnya bersedih dalam beberapa waktu, yaitu saat ada seseorang yang menyentuh hatinya dan Kyo tak menyadari itu adalah sebuah kesalahan, lalu orang tersebut mengingatkan bahwa itu adalah kesalahan besar, Kyo sadar dan hal itu membuat Kyo selalu memohon ampun kepada Allah atas kesalahannya itu. Sebuah kejadian yang juga tak kalah penting yaitu saat Kyo mengalami kecelakaan lalulintas yang secara logis menurut Kyo seharusnya dia sudah mati, tapi Allah berkehendak lain dan membuatnya tetap hidup. Hal itu membuat Kyo sangat mensykuri hidup, karena setiap detik dari setiap waktu yang ada adalah pemberianNya. (Karena satu kesalahan administrasi saat dulu, Kyo yang sebenarnya memiliki tanggal lahir 21 Juni terganti menjadi 22 Juni, hal itu hanya keluarga dan beberapa temannya saja yang tahu.) -The Other Story

The Angel Era (2010, Oktober - Desember)

Almahyra Kahisha Hafi
Di periode ini saya sudah terbiasa menulis blog, dan sudah menjadi hobi yang tak dapat dipisahkan dari keseharian saya. Saya  mendapatkan teman-teman baru dari blog juga mencoba mencari peruntungan dari Google Adsense dan beberapa penyedia iklan lainnya. Saya sempat berfikir untuk mengalihkan blog ini menjadi monetize blog, tapi seiring waktu saya yang gampang bosan karena melihat saldo yang tidak naik-naik di Paypal memutuskan untuk menghilangkan scipt-script iklan dan kembali ke pure blogging, hehe. Di bulan September saat saya liburan mid semester kakak saya melahirkan bayi perempuan yang menurut saya cantik dan lucu. Yang anehnya lagi, anak yang bernama Almahyra Kahisha Hafi tersebut ternyata narsis lho. Sesuatu yang aneh menurut saya, karena kalau saya mengambil gambarnya, Alma selalu tersenyum imut, sepertinya dia tahu kalau sedang difoto.

Bandit and The Angels
Hal menarik lainnya di periode ini adalah terjadinya Monster Reunion, dimana saya dan dua orang teman saya yang sudah berpisah cukup lama bertemu karena waktu liburan yang kebetulan sama. Pada periode ini, saya kebanyakan menuliskan tentang pengalaman backpackeran saya dan si Yakuza (Baban) ke tujuh kota dalam waktu sepuluh hari dengan budget yang sangat tidak disangka-sangka. Semoga Allah memberikan nyali yang lebih besar bagi kami >:).

Toba Dream
Sebuah firma dengan slogan art solution telah menjadi tempat saya bekerja part time sebagai asisten fotografer dan divisi 2d design selama enam bulan terkahir semenjak saya memutuskan untuk dikurangi uang kiriman bulanan. Jadwal yang kejar proyek mebuat saya jadi sering bolos kuliah dan memakai baju kaos polo merah seragam pada hari tertentu menjadi kebiasaan baru, tetapi disamping terbantunya saya dari sisi ekonomi, sangat banyak pengalaman dan pelajaran yang saya ambil dari korporasi sederhana itu. Sayang sekali, saya memtuskan untuk berhenti karena sesuatu hal yang tidak bisa saya ungkapkan disini. Bulan Desember juga semakin indah dengan perjalanan kecil menginap di rumah Pak Lek nya Baban dan touring Medan - Tongging - Rantauprapat dalam 2x24 jam dengan sepeda motor.

Distortion Era (2011, Januari - Maret)

Periode ini dibumbui oleh permainan lucu yang jadi tradisi saya dengan dua orang teman akrab saya. Permainan yang kami sebut Chicken itu selalu kami mainkan apabila saat berkumpul liburan awal tahun. Pada blog ini sendiri, saya memulai kebijakan baru tentang keamanan, yaitu dengan menanamkan beberapa script dalam invisible widget untuk tracking visitors ip dan spammer. Lebih spesifik lagi, saya mulai memvalidasi kode css yang saya buat sendiri ke IEEE, dan hasilnya sebagian besar kode yang saya buat adalah ilegal dan di warning sama mereka katanya blog saya ini tidak kompatibel untuk semua browser dan mobile. Waduh, sudah lama sekali saya tidak belajar pemrograman web, ditambah rasa malas untuk mengotak-atiknya. Saya pernah berniat agar semua item adalah javascript yang di embed, tapi setelah masa percobaan beberapa minggu, beberapa sahabat mengatakan blog saya jadi lemot, karena hosting javascriptnya di tempat yang berbeda. Akhirnya, saya hilangkan niat punya blog yang full animasi dan kembali dengan Inside Yudie yang super statis, hehe. Disaat itu saya juga sering posting hasil jepretan saya dan tentang fotografi.

Bulan Maret, ditandai dengan hajatan keluarga saya yaitu abang saya yang paling tua melangsungkan pernikahan. Memang dia sudah didahului oleh dua adiknya, tetapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Saat pulang kampung untuk persiapan acara tersebut, seluruh keluarga terkejut melihat saya, ada yang bilang saya seperti rampok lah, kakek-kakek lah, om-om lah, wah segala macam deh. Mereka heran melihat penampilan saya yang saat itu brewokan, sebetulnya saya juga baru sadar saat mereka terang-terangan mengatakan ketidak sukaannya pada wajah saya yang menurut mereka itu berserakan, hehe. Saat itu saya memang kurang memperhatikan kondisi saya, tapi satu hal yang membuat saya sangat malu yaitu saat kakak saya mengatakan saya mirip om-om yang suka nyawer di acara dangdutan, sejak itu saya jadi takut dibilang mirip itu lagi.

Master Piece Era (2011, April - Sekarang)

Donny's Noodle Crab
Bulan April adalah masa keemasan rumah ini menurut saya, karena dalam satu bulan saya berhasil menulis sembilan postingan. Dari dulu saya selalu ingin menulis cerpen, tetapi daya imajinasi saya yang pas-pasan hanya mampu menuliskan pengalaman pribadi. Contohnya kisah kerendahan hati Bagong (samaran) yang sangat mengisnpirasi saya, juga tulisan pertama saya dengan label Kitchen walaupun resepnya dari teman saya Donny. Musim semi juga saya rasakan pada periode ini, ya, walaupun di negeri ini tidak ada musim semi saya tetap menganggap saat itu musim semi. Saya hobi memasak, dan tidak peduli dengan pandangan orang-orang tentang itu. Hal itu didukung oleh beberapa teman yang akhir-akhir ini merasa senasib dengan saya dan kami menamakan diri The Mahmuders. Kami sering menghabiskan waktu bersama, apalagi baru-baru ini Marco yang anak Teknik Elektro mengajarkan hukum Energi Terdistribusi.

Kismis Keju Ala Yudie
Pada awalnya saya rasa hukum itu pasti berkaitan dengan hal-hal statis yang membuat pusing, tetapi ternyata hukum Energi Terdistribusi tersebut adalah hukum yang diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Contohnya, apabila Sato-chan mengalami kesulitan keuangan, maka setiap anggota akan membuat proses kolektif secara linear menurut sisa uang yang ada dari masing-masing. Hal itu akan membuat strategi bertahan hidup semakin mengasyikkan. Hmm, saat ini sangat banyak hal baru yang membuat saya terus belajar sambil mengerjakan Master Piece agar saya dapat lulus tahun ini, insyaAllah, amin.

Terkahir, merayakan sahabat saya yang mencapai angka 111 (pada saat tulisan ini dibuat), sebetulnya agak menarik bagi saya. 111 x 6 (Juni) = 666 kan? wah-wah itu kan inisial yang sering saya gunakan, hehe. Satu lagi dari saya adalah sebuah award yang yang saya persembahkan buat semua sahabat rumah ini. Award yang bernama "Different Blogger", yang menurut saya adalah penghargaan buat para sahabat yang memilih untuk menjadi yang berbeda dari yang lain, unik dan inspiratif. Yah, itulah sebuah kronologis dari rumah ini, rumah yang bernama Inside Yudie. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Allah atas hidup yang begitu menakjubkan ini, kepada rumah ini karena mau menampung tulisan-tulisan sederhana saya dan kepada para sahabat semua yang dari sahabat semua saya banyak belajar, bukan hanya menjadi seorang blogger tetapi menjadi yang baru, yang lebih baik, insyaAllah. :)

Inside Yudie Award
Happy Birthday Blog..!

68 komentar:

  1. selamat berulang tahun untuk Inside Yudi, semoga terus bisa bertahan, bukan saja sebagai pengisi waktu senggang tapi juga sebagai sarana untuk saling mengingatkan dan menguatkan melalui tulisan. Tetap semangat saudaraku, raih dan upayakan kebaikan melalui blogging. Insya Allah.

    BalasHapus
  2. slese!saya baca sampe abis lho... *lap keringat di jidat*

    hmm,jadi inside yudie ceritanya seperti ini yah? ^^
    yang pasti,saya tertarik menjadi bagian dari inside yudie karena foto satria baja hitam itu!
    *sudah tak terhitung berapa kali saya jatuh cinta padanya* :p

    BalasHapus
  3. Selamat.. terus berkarya, keep posting :)

    btw, pengalaman adsense nya sama, saya juga dulu gitu, tapi akhirnya kembali murni ngeblog

    BalasHapus
  4. wah,,capek juga baca ringkasan nya,,tapi selamat ulang tahun yah untuk inside yudie,,mudah2an terus bertahan menampung isi kepala kamu yang tak pernah habis untuk dikeluarkan...

    Mudah-mudahan jadi inspirasi bagi saya untuk selalu menulis, walaupun aku orangnya agak "moodian"....
    cia you!!!

    BalasHapus
  5. loh komentku yg tadi kemana ya ..??? ya udahlah...
    lengkap banget nih cerita ttg sejarah ngeblognya... Selamat ya ... smg semakin sukses..
    awardnya boleh khan bawa pulang..???

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum Kang,
    tadi udah koment tapi begitu postkan langsung error.
    Selamat berulang tahun untuk blognya Kang, moga makin semangat dalam berkarya dan menebar kemanfaatan

    BalasHapus
  7. wah, selamat ya moga makin rajin nulis di blog ya. btw, tks awardnya. saya akan pajang di blog gudang award.

    BalasHapus
  8. dah dipajang ya. di http://gudang-award.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Happy Anniversary bang :))

    Wah, kronologis nya mendalam banget. Aul jadi merinding... hehe

    Btw Abang dpt award juga nih dari Aul:

    http://aul-home.blogspot.com/2011/06/auls-open-home.html

    BalasHapus
  10. Slamat yach mas yudi
    moga makin eksis ngeblog nya
    Gbu

    BalasHapus
  11. selamat ya semoga semakin mendapatkan banyak teman n' sukses....
    OIA salam kenal....

    BalasHapus
  12. assalamualaikum sahabat semuanya, waaah, sudah pada ngumpul nih, terima kasih sudah datang pada anniversary pertama ini :)

    >mas abi: amiiin ya robbal alamiiin, semoga bisa berbagi kebaikan lewat tulisan ya mas..

    >mbak koskakiungu: wah, ternyata penggemar satria baja hitam juga nih seperti saya..

    >mas robby: hmm, sama ya mas, iya rasanya emang kurang sesuai dan lebih enak pure blogging..

    >rin: makasih ya, iya, ini memang salah satu sarana untuk menuangkan ide-ide saya..

    >uni sukma: maaf uni, tadi memang ada sedikit kesalahan teknis dari saya yang membuat beberapa komen hilang, alhamdulillah sekarang udah beres, silahkan dipajang awardnya..

    >mas pakies: amiiin, iya mas, saya akan berusaha menulis agar bermanfaat seperti blognya mas..

    >mbak fanny: iya mbak, terima kasih juga sudah dipajang..

    >dek aul: hehe, keren kan aul? wah, jadi abang dapet award lagi nih.. (segera dipajang)

    >mbak uli: amiiin, terima kasih mbak uli..

    >mbak nyitnyit: amiiin, iya mbak terima kasih, salam kenal juga..

    BalasHapus
  13. wwah udah satu tahun .HEBAT..doakan ione gikut jejak abang yudi ya...

    awardnya ione ambil ya

    BalasHapus
  14. semoga semakin semangat ngeblog ya om :)

    BalasHapus
  15. Selamat ulang tahun utk blognya...smoga yang punya blog cepat di wisuda dan jd orang sukses...amiin

    BalasHapus
  16. tadi setelah artikel muncul terus kesini, komen berulang2 gak masuk :(

    komen apa ya tadi?
    hmmm udah 1 thn ya? met ultah buat blognya, moga makin rajin ngeblog dan berbagi buat teman lain.
    makasih banyak awardnya.
    tapi belum punya lemari nih, aku simpen dulu ya.

    BalasHapus
  17. Yudiii.... awardnya udah kepajang... tq ya... dan sukses selalu..

    BalasHapus
  18. dah dipajang di http://awardku.blogspot.com/

    makasih

    BalasHapus
  19. Ado baang...

    "Bang Yudi" merek nyo.

    Ba'a ko?

    Huahaha
    Ya Ampun baru tau abang bisa bahasa minang
    :D

    BalasHapus
  20. Met HUT blog-nya Lae Yudi Darmawan, moga terus bisa berkretivitas dalam tulisan dan bisa bermanfaat buat kita semua, moga juga ....... amin 3x (isi titik2 yang kosong hehehe)

    BalasHapus
  21. >mas i-one: iya, semoga kita semakin berjaya blogging nya, hehe, silahkan dipajang awardnya..

    >mas john: terima kasih, semangat..!

    >mbak nia: amiiin ya robbal alamiiin, terima kasih doanya mbak nia..

    >mbak dee: iya mbak, tadi memang ada sedikit kesalahan teknis dari saya, alhamdulillah sekarang sudah pulih, terima kasih ya mbak dee sudah dipajang awardnya..

    >uni sukma: wah uni, terima kasih banyak yaa, sudah mau memajang awardnya, hehe..

    >dek aul: yaelah, 50% nya abang minang dek..

    >mas baha: terima kasih mas, titik2nya itu saya ganti jadi makin keren, oke kan? hehe, amiiin..

    BalasHapus
  22. ciee udah setahun, saya lupa kapan ya saya mulai ngeblog? hehe

    makasih untuk awardnya :))

    BalasHapus
  23. panjaaaang ceritanya ya, ntar ya... ma kasih awardnya

    BalasHapus
  24. absen dulu mas!
    makasih ya awardnya :)

    BalasHapus
  25. Wah selamat ulang tahun sahabat, semoga blognya tetap eksis.... ttetap semangat jalin sahabat,,,,,,,:) terima kasih awardnya......... foto2nya keren mas

    BalasHapus
  26. wah, udah setahun yach, met ulang tahun ya buat blognya. semoga semakin semangat ngeblognya, terus berkarya menghadirkan tulisan2 yg kreatif dan bermanfaat
    makasih awardnya ^__^

    BalasHapus
  27. Selamat ya utk blognya yg udah berusia 1 tahun.. wah lengkap juga cerita tentang perjalanan blog ini ya?

    Aku simpan dulu ya awardnya, karena hutangku masih banyak banget nih.

    BalasHapus
  28. blog yang sangat bersejarah ya kak T,T
    *terharu..
    happy birthday blognya kak yudi :)

    BalasHapus
  29. nah, panjang banget nih postingnya mas.. *kucek2 mata, pedes mas.. Hehe..
    semoga terus menjadi lecutan supaya bisa eksis terus berbagi didunia blog..

    BalasHapus
  30. >mbak siti: terima kasih, wah sudah lupa ya..

    >mbak ami: oke deh mbak, hehe..

    >mbak yen: iyak, tapi absennya gak nitip kan, hehe..

    >mas arief: ah, bisa aja nih mas, amiiin..

    >mbak ria: insayAllah mbak..

    >mbak reni: oke mbak, silahkan dibayar dulu utang2nya..

    >dek illa: begitualh dek, terima kasih ya..

    >mas ardian: hehe, kepanjangan ya, terima kasih ya..

    BalasHapus
  31. selamat yaaa....

    keep write...salam blogger (*_*)""

    BalasHapus
  32. wah selamat ulang tahun ya blognya! makasih awardnya!

    wih hebat betul blog ini ada era-eranya wow hehe

    BalasHapus
  33. mas yudie dapet award juga!! http://rizkimufty.blogspot.com/2011/06/blog-ini-udah-2-tahun.html

    BalasHapus
  34. Huaaaa, met dirgahayu buat blognya
    semoga semakin barokah dan bermanfaat
    AMinnnn..
    Barengan nih sama hari lahir saya..
    hehehhehe

    BalasHapus
  35. paling senang ketemu orang yg berani menyalurkan bakat menulisnya... :D

    BalasHapus
  36. eh, saya udah komen beloom ya?.. wah selamat ultah yaa yang pertama.. angka satu tahun emang selalu jadi yang istimewa buat blogger..

    makasih awardnya.. moga nggak berhenti cuman setahun aja.. dan ada lagi dan lagi yaa.

    semangaat ngeblog!

    BalasHapus
  37. wahwah keren udah 1 tahun :D
    Happy birthday buat blognya :D
    Semoga makin eksis aja mas :)

    BalasHapus
  38. bang yud, dapat tugas tag dari saya.. ^^

    cekidot disini => http://koskakiungu.blogspot.com/2011/06/kenapa-takut-ditolak.html

    BalasHapus
  39. Yudi, makasih atas awardnya yaa..
    Anakmu lucu sekali.. Hebat euy.. Nggak kamera shy...
    Semoga tamnbah semangat berkarya lewat blog ini ya... Ohya, awardnya udah kupasang.. Makasih sekali lg :-)

    BalasHapus
  40. Yudi, maap saya salah tangkep, bw pake hp agak2 error jd bacanya.. Maaaap yaaa...

    Ehya, saya salut loh sama cowok2 yg hobby masak... Hehehe.. Suamiku jg suka masal soalnya...
    Aduh maapin sekali lg yah..
    Semoga silaturahmi qta tetep terjaga yah...

    BalasHapus
  41. >mbak bluelov: salam blogger juga..

    >dek rizki: wah, jadi saya dapet award juga toh? makasih ya..

    >mbak apikecil: wah barengan ya, hehe..

    >mas r10: semoga saya termasuk mas..

    >mas yoga: iya mas, insyaAllah..

    >dek iam: makasih ya iam..

    >mbak koskakiungu: hehe, alasan absennya sudah saya jawab di blognya mbak ya.. :)

    >mbak lia: hehe, masa masih kecil gini saya dibilang udah punya anak mbak, hmm, iya ndak apa2 mbak, namanya juga khilaf.. terima kasih..

    BalasHapus
  42. wah mantep tuh udah satu tahuN! selamat ya! moga sukses ngeblog nya! happy blogging

    BalasHapus
  43. Selamat ulang tahun blognya, semoga makin berkibar...
    salam kenal...

    BalasHapus
  44. selamat ulang tahun * Inside Yudie *

    BalasHapus
  45. Nice Blog...
    dan met milad buat blog nya..
    Barakallah

    BalasHapus
  46. Makasih juga dah mau jadi temanku...blog mas...buat aku ingin menulis tentang ulang tahun blogku juga. bulan juli...hehehehhe

    BalasHapus
  47. Selamat ulang tahun untuk blognya, ..... keep blogging, semangatt .....!!!

    BalasHapus
  48. selamat ultah yang pertama ya mas... moga semakin sukses dan rajin ngeblognya... trims untuk awardnya... salam kasih...

    BalasHapus
  49. selamat ya.. moga makin eksis ngeblognya....

    BalasHapus
  50. selamat ya mas..dirgahayu buat blognya....jangan lupa buat selalu bagi-bagi ilmunya lewat tulisan :D

    BalasHapus
  51. >mas ghani: wah, sudah lama gak terlihat ya mas, kemana aja?

    >1stwebsite: salam kenal juga, terima kasih..

    >mbak cyaam: kemana aja sister?

    >mas rian: sama2 mas, wah, bulan juli yah, kalo gitu selamat ya..

    >mas rubi: semangat..! terima kasih ya mas..

    >mas albert: wah, ini dia nih blogger favorit saya yang udah lama gak keliatan, terima kasih ya mas..

    >mas affie: iya, terima kasih affie..

    >mas wahjoedi: insyaAllah mas, semoga kita sama-sama dapat berbagi lewat tulisan..

    BalasHapus
  52. wiih,,, keren awardnya,, makasih ya udah ngasih....

    BalasHapus
  53. Hoalah2 dapet award saya :D
    Hmm, nanti ya mas, insya Allah dikerjakan kalau ada waktu :)

    BalasHapus
  54. Keren nih...
    sudah atu taun betahan. aku baru beberapa minggu saja langsung loyo

    sip
    two thumbs up dah

    salam kenal
    fauzan, kunjungi aku yaa

    BalasHapus
  55. selamat ulang tahun bwt blognya, maju terus :)
    maskih awardnya, nanti aku pajang ^_^

    BalasHapus
  56. selamat, ulang tahun yang pertama...keep writing! keep blogging!

    BalasHapus
  57. >magic paper: ah, bisa aja mas nya nih..

    >dek iam: baik power ranger..!

    >mas fauzan: semangat..! keep posting..!

    >celotehan: iya mbak, sama-sama..

    >mbak isti: eh ada mbak isti, amiin..

    BalasHapus
  58. wow sudah satu tahun rupanya blog ini..
    Happy Anniversary yah^^
    semoga tetep eksis dan bisa menjadi lebih dari sebelum2nya..

    ya ampuuun mas, keponakan sampeyan lucuuuuu bangeeeettttt >.<

    BalasHapus
  59. wowww selamat yaaa
    makasih bwt awardnyaaa

    BalasHapus
  60. Baru hari ini aku bener2 tau mukamu itu kaya apa Brow haha... :) oalah... tak kira kaya pemeran Baja Hitam dulu haha... :)

    Selamat2 buat Milad BLognya, moga makin banyak menginspirasi :) *udah sih menurutku

    Hem... pengen sekali2 ke tempat yg kamu sama temenmu moto itu sob... tapi tau kapan haha...

    BalasHapus
  61. >mbak yen: waa, ketauan yang lagi BW, komen lagee, hehe.. iya mbak, saya aja sering heran dibuatnya, abis dia narsis..

    >mbak chika: iya mbak, sama-sama..

    >mas ferdinand: haha, ancur ya mas? itu tampang saya kalau belum berubah jadi satria baja hitam, kalau ada kejahatan baru saya berubah.. belum tau kapan ya? abis mas nya sibuk ngurusin forum angkringan baru sih, hehe..

    BalasHapus
  62. wah2 salut
    Kunjungan dini hari dari blogger Jogja :)

    BalasHapus
  63. happy blogging ya, Yud... happy eniverseri juga... Ma kasih lho udah jadi sahabatku...Sukses dan jangan pernah berhenti berkarya:) Salam dari Ho Chi Minh:)

    BalasHapus
  64. selamat sobat, sori telat ya, tapi aku pasang kok awardnya

    BalasHapus
  65. >fridi: wah.. wah.. dingiiin..

    >mbak fonny: iya mbak, semoga persahabatan kita tetap baik ya mbak..

    >mas joe: wah, jadi malu nih, makasih ya mas..

    BalasHapus
  66. Mas Yudi maaf terlambat memasang awardnya.. terima kasih atas awardnya & selamat ulang tahun.. moga makin sukses Amien.. :)

    BalasHapus
  67. wah baru saya pasang mas awardnya . maaf ya telat^^ sukses terus ya^^

    BalasHapus
  68. >mas fajar: iya mas, amiiin..

    >mas furqon: terima kasih.. :)

    BalasHapus